Rabu, 28 September 2016

Marathon Pertamaku di Maybank Bali Marathon 2016 (1/3)



PART 1

Berlari sudah menjadi salah satu hobiku di 2 tahun terakhir. Dimulai dengan race 5 km dan 10 km di saat awal berlari pada pertengahan tahun 2014 sampai pada akhirnya mencoba  Half Marathon di event Nike Bajak Jakarta bulan Desember 2015 yang lalu. Luar biasa memang rasanya pertama kali berlari sejauh 21,0975 km. Rasa sakit sudah menjadi hal yang biasa, namun tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan rasa puas dan bangga setelah melewati garis finish dengan chip time 02:00:54.

Antusiasme masyarakat terhadap dunia lari semakin tinggi berjalannya waktu. Berlari sejauh half marathon tidaklah menghentikan kepuasanku begitu saja. Ajang lari jarak jauh sepanjang 42,195 km yang dikenal dengan Marathon menjadi salah satu resolusi yang harus aku capai di tahun 2016. Tak sedikit mereka yang ingin mencoba Marathon untuk pertama kalinya di negeri seberang. Namun Bali lebih menarik perhatianku untuk menjadi lokasi sekaligus saksi Marathon pertamaku.

Berlari sejauh jarak full marathon bukanlah suatu hal yang sepele. Kekuatan fisik dan mental adalah dua hal yang terpenting sebagai modal utama. Latihan interval dan long run sudah menjadi menu yang wajib untuk olahraga lari. Tiga bulan sebelum acara Maybank Bali Marathon (MBM) 2016, aku mendapatkan informasi mengenai adanya latihan terprogram dari Indorunners yang lebih dikenal dengan sebutan Indorunners Runiversity (IRRuniversity) sebagai persiapan untuk MBM 2016. Akhirnya aku mencoba mendaftar setelah mendapatkan berbagai referensi dari teman-teman lari mengenai program IRRuniversity ini. Senang dan lega aku rasakan setelah tahu aku lolos menjadi salah satu peserta dari IRRuniveristy keempat yang dikenal dengan sebutan Number Four (#4).

Minggu, 26 Juni 2016 adalah hari pertamaku berlatih dengan #4. Ada sekitar 45 peserta #4 dan 15 peserta reloaded berkumpul di stadion atletik di Rawamangun yang lebih populer dengan sebutan Stadion Velodrome. Oh iya, reloaded merupakan peserta program IRRuniversity yang sudah pernah tergabung di salah satu IRRuniversity sebelumnya di tahun 2015. Tiga hari sebelum latihan pertama dilaksanakan, masing-masing dari kami diarahkan untuk tidak melakukan aktivitas berat, salah satunya berlari, karena akan diadakan tes fisik sebelum program menuju MBM 2016 dimulai.

Ada 4 tes dasar yang diujikan yaitu push up (1 menit), squat jump (1 menit), sit up (2 menit) dan balke test. Semua tes tersebut dilakukan untuk mengetahui kemampuan dan kapasitas fisik masing-masing peserta. Dari tes tersebut nantinya para peserta akan dikelompokkan menjadi 4 tim sesuai kapabilitas, 3 tim untuk mereka yang akan berlari sejauh Full Marathon  dan 1 tim lainnya untuk kategori Half Marathon.

To be continued...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar